[90]#BarisanSiluman


(tidak perlu dibaca jika tidak berkenan hehe, hanya uneg jeritan sanubari hati)
Mau cerita bebas lepas seperti lagu Iwa K, soal kegundahan hati yang melanda. Soal keinginan gw yang amat terpendam tapi sepertinya zaman belum menerima. Gw punya satu keisengan serius. Kalau belum bisa disebut passion atau cita-cita yang mendunia hehehe. Maafkan apabila terkesan terlalu serius, kurang bercanda, dan apapun itu karena gw harus mengeluarkannya dengan PENUH SEMANGAAAATTT! MERDEKAAA!
Entah kenapa, gw pengen aja menggambar ulang atau mengadaptasi bentuk visual dari siluman atau hantu atau demit atau apapun yang ada di seluruh pelosok Indonesia. Nyatanya keinginan tersebut telah direalisasikan oleh Cak Waw dan Yudis, animator asal Surabaya untuk membuat TrioHantuCS, Intellectual Property (coba googling Insya Allah ada jawabnya hehe) yang membahas seputar hantu di Indonesia namun dengan cara yang jenaka.
Terlepas keduluanan atau ketinggalan, gw tetep pengen mengenalkan berbagai mahluk halus ini yang gw percaya sangat mungkin sekali menjadi budaya khas Indonesia tergantung mengemas dan melestarikannya. Agak bingung kalau mau cerita darimana, tapi sejauh yang gw ingat (ya memang waktu kecil gw jarang minum jamu BuyungUpik sehingga daya ingat agak2 gimana gtu) inilah beberapa alasan kenapa gw sangat iseng getol untuk menggambar siluman2 itu:
1)      Gw ingin sekali mengangkat kultur Indonesia ke ranah yang lebih pop dan modern serta berpotensi mendunia. Hanya saja gw ingin mengangkat hal yang kebanyakan orang belum kulik, maksudnya sih biar merata dan gak mengulik hal2 yang itu aja. Mau ngulik wayang sudah banyak, mau ngulik motif kain juga sudah banyak. Akhirnya setelah bersemedi selama 3 menit (itu sih bengong namanya) entah kenapa terpikir untuk mengangkat soal si setan2 ini. Karena gw pikir ini semacam legenda atau mitos yang kayaknya hampir di seluruh Indonesia ada. Terlepas ada yang percaya dan tidak, tapi tetap saja masyarakat Indonesia mengetahui tentang cerita2 mahluk mistis di sekitar mereka. Ini semacam budaya lisan yang mengakar kuat di daerah masing2. Sayangnya belum ada catatan tertulis atau karya seni yang mencatat soal siluman secara serius. Selain itu baik keluarga gw maupun gw pun pernah mengalami (dan ada yang mendalami) hal2 seperti itu, jadi harusnya gak terlalu masalah deh (?!)
2)      Gw heran, di Jepang hantu (youkai : siluman khas Jepang) diangkat ke dalam komik dan kartun (contohnya GeGeGe no Kitaro, Yokai Watch, dan Pokemon dan TOTORO!) dan sukses! Di Amerika dimana orangnya jarang makan nasi (ya emang gak ada hubungannya) juga bisa2nya drakula ngetren dan masuk bioskop (contoh Twilight). Di Tiongkok juga mereka sukses menjajah acara televisi 90an kita dengan vampir2 yang kalau jalan lompat2. Kenapa bisa begitu? Padahal sumber idenya dari hantu yang serem abitch. Selidik punya selidik, bisa jadi itu karena mereka mengemasnya dengan cara dan gaya yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan keinginan orang di masa kini. Ingin populer di kalangan anak2, maka buatlah menjadi lucu. Ingin dikenalkan ke remaja cabe2an, maka buatlah menjadi ganteng dan menawan. Namun bukan berarti mereka mengubah seenak udelnya, tetap ada riset sehingga bisa berinovasi tanpa mengubah esensi dan nilai penting dari si hantu tersebut. Harusnya Indonesia juga bisa ya? Harus sih
3)      Bukannya Indonesia nggak bikin karya berdasarkan para hantu-hantu yang menjadi idola di dunia sana (ya karena yang muncul itu2 aja), tapi mbok ya yang lebih famous kalau bukan Film Horror tante Suzana ya film horror humor plus plus esek2 hehe. Sehingga kesan yang ditimbulkan pasti seputar seram, lucu, ataupun seksi. Berharap ada karya bertemakan hantu dan siluman namun lebih ke atmosfer keren banget hingga bisa jadi pantuan dan acuan baru dalam berkarya.  
Sebenarnya pasti ada usaha2 dari kreator muda (seperti PocongMan buatan J-toku) untuk bikin karya bertemakan hantu atau siluman yang keren, hanya saja karena kurang banyak dan terekspos jadi banyak yang belum tahu. Memang gak mudah dan akan memakan waktu yang tidak sebentar. Tapi ya namanya juga usaha.
Berangkat dari kegelisahan (geli2 basah) tersebut gw berinisiatif untuk mempost #BarisanSiluman di instagram @fuckharee07. Informasi mengenai hantu, mitos, legenda, dan siluman yang di Indonesia namun dengan intrepetasi visual dari gw alakadarnya. Pengen aja gitu kelak orang tidak hanya melihat Gunderuwo sebagai raksasa berambut tebal namun juga ada di antara mereka yang berkeinginan menjaga. Atau Sundelbolong sebagai kisah pengingat untuk selalu menjaga dan tidak menyia2kan anak. Atau Pocong sebagai sebagai kisah moral untuk tidak melupakan dan menyepelekan hal seremeh apapun. Ya pokoknya gtu deh, kasian aja mereka selalu dicap jahat padahal di agama telah disebutkan mereka sama seperti manusia, ada yang jahat ada yang baik.
Ujungnya ya pasti pengen karya gw berkembang ke berbagai ranah dan media, bisa jadi kaos, kartun, film, komik, trus jadi action figure yang glow in the dark. Wah cadas sih itu. Tapi mah kalau nunggu temen yang sevisi untuk bantuin atau nunggu gw jago gambar dulu kyknya kelamaan deh ntar keburu matahari nongol dari barat. Ya pokoknya sekarang cuman bisa ngerjain sebisa gw di tengah2 waktu senggang. Bukankah keren apabila #BarisanSiluman dipandang tinggi dan penting serta menarik oleh masyarakat Indonesia dan seantero dunia hingga jadi topik penelitian orang bule?
Moga2 bisa ya. Amiiin.
ditulis pas lagi ngawur

Comments

Popular Posts