[58] Kapalan


Malam ini malam yang ditunggu2 oleh semua orang. Malam yang suci sebagai pelampiasan 5 hari bekerja seperti sapi perah di perternakan susu Mbok Darmi. 5 hari bukanlah waktu yang cepat jika menghitung mulai dari Senin ke Jumat. Tapi Jumat ke Minggu merupakan rentang waktu terpendek bahkan jika dibandingkan ketika kita kebelet boker. Bokernya di pinggir jalan pula.
Seperti pada umumnya orang-orang, kebanyakan malam minggu nya dipakai untuk rekreasi, entah nonton ke bioskop, nongkrong bareng, makan bareng keluarga, hingga pacaran sama tembok. Khusus yang terakhir gw sering kok ngalamin  gw yakin kok banyak dari kalian, pemain tunggal (baca : jomblo) yang ngalamin.
Tapi semester ini lumayan berbeda bagi saya. Eh salah, tapi beda sekali. Intensitas kesibukan entah kenapa naik beberapa kali lipat. Ya banyaknya tugas, kewajiban, dan tanggung jawab di organisasi ataupun kepanitiaan membuat gw mengalami semacam virtual reality kehidupan kerja nanti. Ya memang sebagai orang yang kelak bakal hidup di industri kreatif nanti, sudah bukan rahasia lagi bahwa jam kerja dengan jam kehiduapan bakal bercampur sehingga menjadi area abu-abu yang tidak jelas mana hari kerja mana hari libur. Gw kira gak masalah selama lo berkecimpungan dengan hal yang lo sukai atau hal yang lo “anggap” jadi passion lo. Tapi kenyataan tentu berbeda dengan ekspetasi. Hidup kadang seperti membeli bungkus chiki, kelihatannya banyak padahal isinya angin. Kelihatannya berhadiah, ternyata gak dapet tazosnya huhuhu.
Bakal ada masa nya setelah terus didera pekerjaan dan tugas yang serasa tiada akhirnya. Hingga itu merengut hari santai atau bahkan libur lo. Bahkan untuk urusan makan malas kalau harus beli di luar, akhirnya ngais-ngais tong sampah jadi andelan. Makan indomi diremukin pake tangan juga bisa~
Nah biasanya di saat itu tiba2 semua orang berasa jadi PMS. Gak laki gak perempuan. Tiba2 semua orang serasa sensitif.
“Eh gimana? Tugas udah ngerjain?”
“bloman. Lo udah?”
“Blom soalnya masa gw lagi ngerjain tiba mati lampu eh pasti mati lampu tiba2 ada yang ngetok pintu kamar kost gw khan jadinya aja gw takut gimana kalau itu maling atau kuntilanak akhirnya gw bawa pensil gw buat nyolok matanya atau lobang hidungnya barangkali trus pas gw buka eh ternyata ada cowok gw sama temen2 ngasih surprise ke gw, trus mereka nyiramin gw air comberan 3 ember sama nyeplokin gw telor iguana gtu ih gw ngerasa seneng banget brasa best day ever gtu tapi ternyata dia udah nyiapin hadiah juga dikasihnya gw boneka Teddy Bear sama kartu ucapan pas gw buka ada tulisannya “Kita Putus Aja Yah” dan iiiih nyebelin banget dia teganya mutusin gw dihari ultah gw gw padahal ini khan hari spesial gw aih pingin gw pites trus potong cincang kecil-kecil trus gw umpan buat singa kawin di Bonbin Taman Sari atau Sumanto aja ah semUA COWO GAK ADIL! GRAAAOOO”
“…. cabut dulu ya” (trus ilang pake bom asap Naruto)
Ya men, semua orang jadi keluar sisi ganasnya… atau melankolis (?). Tiba2 semua orang merasa orang paling menderita di dunia ini. Semua merasa paling hebat karena bisa menghadapi beban hidup seberat biaya pernikahan Raffi Gigi atau pasca pelantikan Jokowi. Kayak waktu itu gw pernah nanya ujian udah pada selesai apa blom ke temen-temen yang lain. Eh tiba-tiba pada curhat beban hidup, ujiannya seminggu 3 kali lah, sekali 2 hari, sampai 3 kali sehari! (emang minum obat~). Giliran di semangatin malah ngerasa “ah udahlah, udah tamat riwayat gw. Emang udah mati gw di kampus ini” trus buru-buru ngukir batu nisan.
Sejujurnya gw juga ngerasa gtu sih, gw juga suka ngeluh dan capek banget kalau kebanyakan kerja sama nugas. Sekarang pun gw udah gak tahan dan ngerasa sangant capek dengan rutinitas ini yg gak ada akhirnya. Tiap hari tidur habis subuh, libur pun masih di depan laptop. Berasa otak bebel banget berasa ada Pretty Asmara dudukin kepala gw. Tapi itu dulu. Dulu banget ya kira2 pas jaman Trex selingkuh sama Brontosaurus lah.
Sekarang gw kayak dapet ilham atau suara-suara halus di dalam diri ini (ciah). Gw rasa ini adalah jalan yang udah disiapin Tuhan untuk mempertangguh gw dalam mencapai keinginan dan mimpi2 gw. Kini gw mau menajamkan dan memantapkan diri untuk bikin karya yang mendunia, yang bikin orang2 ngeh kalau orang Indonesia juga bisa bikin Batman atau Ultraman, orang2 ngeh kalau orang Indonesia isinya gak cuman koruptor atau pemales, tapi masih ada orang-orang baik yang mau berkarya dan bangun ini negeri.
Sebelum mencapai hal-hal besar, perlu buat diri kita untuk disiapin dulu baik scara skill atau mental, entah emang dikasih pekerjaan bertubi-tubi atau emang dikasih kerjaan yang gak kita sukai dulu. Tuhan gak pernah ngasih jalan yang buruk buat umatNya. Sebelum mencapai hal-hal besar, kita harus bertahan terlebih dahulu menghadapi yang sekarang. Tapi ini menurut gw ya, kelak kita bakal menghadapi hal yang lebih berat dan lebih bikin pusing ketimbang ujian atau tugas yang sekarang dihadapin, maka dari itu yang sekarang harus bisa bertahan dulu. Entah sekakit atau secapek apapun diri kita saat ini, yakinkan kalau itu ngga ada apa2nya dengan yang bakal kita hadapi kelak. Orang besar ujiannya juga besar dan berat. Syukuri yang udah dikasih asem asinnya hidup karena mungkin ini caranya buat menggembleng kita.
Kalau inget kata Pelatih di Marinir dulu pas Latihan Kepemimpinan dan Disiplin pas SMP dulu (ya yang macem Be Man gtu, ya tapi yang ikut anak2 kecepetan puber dan tentunya gak ada yang tak bertulang) pas  ada yang nanya “ Pak kok bapak bisa kuat sih push-up di aspal? Tangan saya sakit nich pak” kata temen gw yg dulu masih polos polos lucu tapi sekarang kayak preman Blok M.
Kata Pelatihnya “ Ya liat tangan saya” kata dia sambil nunjukin tangannya.
“Tangan bapak item ya pak? “kok ada kutilnya pak di telapak?!”
“HEY FOKUS! Bukan itu maksudnya, tapi lihat, sekarang tangan saya udah kapalan. Karena kapalan ini telapak saya jadi lebih tebal, jadi gak kerasa. Dan hal ini karena saya selalu latihan push-up di atas aspal. Selalu. Selalu. Tanpa pernah mengeluh atau merasa kesal” katanya sambil koprol ke belakang memperlihatkan kebolehannya. Gak deng
Sekarang gw berasa mensyukuri dan nikmatin segala keruwetan dan capeknya hidup gw. Gw bakal terus bertahan hingga nantinya gw gak ngerasa apa-apa lagi. Gw bakal terus membiasakan diri hingga akhirnya gw “kapalan” sama segala kecapekan dan keluh kesal gw. Hingga tanpa terasa gw bakal melakukan dan mendapatkan hal-hal besar yang dulu gw sekedar impikan.
Salam cakadut
Ditulis di malam minggu yang sepi dan sendiri bertemankan tugas dan kerjaan yang masih belom habis dikerjakan. Hanya pendapat sendiri, kalau tidak setuju jangan dipaksakan ya~ 

Comments

Popular Posts