[67] Pulang


Alhamdullilah….
Itu satu kata yang mungkin pantas gw ucapkan karena akhirnya kemarin gw
diizinkan dan semua orang di rumah menginginkan kepulangan gw. 2 hari terhitung untuk menjenguk adik eyang yang baru keluar dari rumah sakit dan akan merayakan hari lahirnya, mewakili orang tua yang sedang pergi ke luar untuk datang ke nikahan anaknya Pak RT, berbincang di rumah tante, dan mengajari adik yangakan ujian akhir di tahun pertamanya kuliah.

Tapi ada satu kata yang membuat otak ini berpikir dan bertanya2. Dimulai ketika gw menjenguk eyang di rumah tante gw. Om bertanya “Sampai kapan disini? Kapan pulang ke Bandung?” 

tiba2 ditanyakan kapan akan pulang ke Bandung? Pulang? Bukankah sekarang gw sudah pulang ke rumah sendiri, yang kini konon katanya sedang rawan 
begal? Kenapa tidak bertanya “Kapan pergi balik ke Bandung?”
Sebenarnya Pulang itu apa sih?
Definisi pulang gw ketahui sedari kecil tentu saja kembali ke rumah. Rumah yang nyaman seberapa kecilnya atau panasnya. Rumah yang seberapa jauhnya namun ada keluarga yang menunggu. Rumah yang menyimpan berbagai kenangan dan memor dengan mengesampingkan segala kekurangan dan ketidakpantasan yang telihat di mata orang lain.
Semakin bertambahnya umur, kini gw menganggap konsep rumah tidak lagi sama dengan bangunan dengan atap tertutup dan tembok dari bata, ditambah dua buah jendela sertap pintu, tak lupa juga jemuran di sebelah rumah. Apa yang disebut rumah kini sudah bervariasi, bisa berupa rumah gedong berlantai 3 di daerah Pondok Indah atau Kelapa Gading, rumah kavling yang dicicil berbulan2 baru lunas, bisa berupa rumah di gang, atau emperan toko. 
Apapun itu, pulang adalah kembali ke tempat dimana kita merasa diterima dan dinantikan kedatangannya. Dimana kita merasa nyaman di dalamnya dan
menjadi siapapun diri kita saat itu. Tak peduli itu adalah keluarga, komunitas atau sohib kita, di rumah, kostan atau kampus, pulang adalah hal yang sangat
pantas untuk diperjuangkan. 

Untuk siapapun yang merasa tidak diterima di beberapa lingkar pertemanan
atau lingkungan, siapapun yang merasa pijakannya semakin tidak nyaman,
yakinlah bahwa selalu ada orang yang mau menerima dan menantikan 
kepulangan kalian, bagaimanapun kondisinya.
Pulanglah sebelum pulang itu dilarang~



salah satu tempat untuk pulang di Purworejo

Comments

Popular Posts