[87] Mendingan...


Yah yang namanya manusia, bukan undur-undur. Suka membandingkan antara satu hal dengan yang lainnya. Dan ide tersebut biasa dimulai dengan “mendingan mana? A tapi B atau B tapi A?
Contohnya, mendingan cewek cantik tapi bego atau cewek pinter tapi jelek? Atau mending cowok ganteng tapi miskin atau kaya tapi jelek?
Atau yang paling rame sih, terkait isu Pilkada Gubernur ibukota negeri nun jauh disini. Kayak “mendingan pemimpin kafir tapi baik kinerjanya atau pemimpin muslim tapi nyusahin masyarakatnya?”
Ya mikir lah jadinya. Dengan otak  pentium 1 gini tentu yang keluar pemikiran-pemikiran kurang bermutu seperti mana yang lebih krispi ayam goreng Sabana atau Dbesto.
Tapi emang sih pilihannya terlalu hitam dan putih menurut gw, terlalu 180 derajat. Dan gw berharap itu lontaran pertanyaan iseng, se-iseng spontan uhuy..
Sedangkan kenyataannya, pilihan yang benar-benar hitam putih tampaknya fana deh. Sefana ada Helmi Yahya yang tiba2 nawarin uang kaget 1 milyar di siang bolong *kayakacaratipiapagitu. Pasti akan ada pilihan ketiga, keempat, kelima, di antara pilihan-pilihan yang cenderung membuat otak kram dan kejang karena sulit memutuskan. Pilihan abu-abu, kalau kata seseorang dimedium.com 
Karena kalau gw, menurut gw si manusia ber-IQ setingkat kodok tengkurep, tentu gw akan mengusahaka keduanya. Milih pun akan mikir2, ya mbok ya kalau bisa diusahain dapet 2-2nya dulu kenapa harus nelangsa/kepaksa milih salah satunya? Hanya buka pendapat, dalam kasus pilkada misalkan tidak sreg dengan salah satu calon, mengapa tidak jadi sukarelawan untuk mengusung calon yang sekiranya “muslim” dan “kinerjannya bagus”? Macem TemanAhok mungkin tapi bikin versi lain kayak KoncoRisma kek, atau BarudakEmil *mabokpolitik. Kalau ingin memenangkan calon tertentu dengan ngejelek-jelekin atau nyebar pesan negatif yang belum jelas juntrungnya, gak gtu cara kerjanya. Hanya ada pembalasan yang serupa, mungkin pas udah menjabat dia akan dijatuhkan dengan cara yang sama, fitnah. Ingat fitnah lebih kejam dari ibu-ibu yang maksa nonton uttaran.
Atau yang bikin gw cenut-cenut kalau udah disodorin pertanyaan “Mending cewek pinter agama tapi kelakuan kurang bermoral  atau yang baik tapi kurang beragama?” Jomplang banget pilihanya. Ibarat pilihan ganda, lo cuman dikasih A atau B. Mendingan gw nyontek aja kalau begitu *lah
Kalau gw sih karena gw maruk (dan ngawur) gw bakal bikin lingkeran pilihan baru, C atau D atau F atau G di atas LJK itu.  Ya gw akan berusaha bikin pilihan baru, untuk nyari cewek baik, pengertian, dermawan, kakinya napak kalau jalan, setia, pinter, sholehah, pinter memasak, mau diadu dengan peliharaan tetangga (emang cupang)(bisa jurus naruto diutamakan), dan yang terpenting ganteng(buset!) cantik. Kalaupun gak dapet paket lengkap, paling nggak meleset dikitlah kurang satu atau dua poin.
seru sih kyk gini LJK nya sumber :https://tianachoco.wordpress.com/2014/04/14/tips-menghadapi-ujian-nasional/
Untungnya hidup kayak kertas essay, bisa nulis jawaban sengawur mungkin, se-emejing mungkin. Bisa menciptakan kemungkinan dan pilihan baru, yang bisa jadi lebih baik dari kedua pilihan hitam putih itu.
Tapi mungkin sulit juga sih kayak mahat tulisan di prasasti batu Mulawarman.
Kali.
Udah ah mau bikin kolak jengkol dulu…
ditulis pas lagi nunggu buka dan banyak kerjaan tapi kok mager ya astagfirullah marilah kita rajin mengaji dan sholat.

Comments

Popular Posts