[66] Semedi


“F*ck, kemana aja lu? Semingguan gak nongol2 di kampus?”
“Gila lu fakh, baru kelihatan. Ngapain aja? Semedi?”
Ya itulah komentar2 atau celoteh yang sering gw dengar kalau izin (Baca: Cabu dengan nitip absen ke temen) dari kelas tertentu yang (alhamdullilah) dosennyabaik-baik (baca : mudah dikelabui, ANAK BAIK TIDAK MENIRU PERILAKU INI!). Biasanya gak tanggung2 kalau gak masuk kadang bisa sampe semingguan. Ya untuk menjaga keabsenan tersebut tentu harus pintar2 mengatur strategi agar dosen tidak menyadari ketidakhadiran salah satu mahasiswanya yang kemarin masuk kelas dengan seragam SMA. Strategi bisa berupa: 
- Memakai Boneka Pengganti Doraemon lalu memencet hidungnya dan menghadiri kelas..
- Memakai jurus Kagenbunshin no Jutsu nya Marwoto lalu ketika tidak bisa menjawab pertanyaan segera gunakan jurus Harem no Jutsu!
-Atau nembakin obat bius ala2 Conan, lalu kelas diliburkan, dan mahasiswa pun bergembira~
(ya strategi tidak atas hanyalah fiktif belaka, kemiripan atau kesamaan merupakan kesengajaan semata)
Bisa dibilang gw bukan tipikal mahasiswa yang baik, yang bisa duduk anteng di kelas dan mengerjakan tugas tepat waktu. Gw punya kelemahan yang lumayan fatal sedari sekolah dulu, yaitu gw termasuk orang yang lama dalam mengerti dan mengerjakan sesuatu. Apapun itu. Belajar ekonomi lama, biologi gak hapal, ngerjain fisika udah jungkir balik. (susah emang kalau bukan jenius wkwkw). Kini pun dalam menggambar dan mendesain prosesnya lamaaaaaa…
Tentu hal tersebut sangat mengganggu proses nugas, proyek, ataupun kegiatan organisasi. Dengan segala keterbatasan, mau tidak mau gw harus tetap maju dengan pintar-pintar menyisip2kan jadwal (gw sering meyisipkan kegiatan gw di atas kegiatan yang lain, misalnya pas dengerin dosen gw sambil belajar matkul yang lain) dan gw juga harus mengorbankan kegiatan lain hanya untuk menyelesaikan proses desain atau ilustrasi yang tengah gw kerjakan. Alhasil biasanya pengobarnan jatuh pada waktu kuliah, waktu sosialisasi dan jam tidur. Memang kenyataannya jika sudah terjadi, gw bakal akan ada terus di kamar hingga berhari-hari, keluar paling hanya untuk makan atau ke masjid. Apakah tahan untuk terus berada di kamar berhari-hari?
Tidak. Ketika tidak bertemu atau menyapa orang lain, teselip rasa kesepian yang biasanya malah tambah bikin resah. percayalah, se-ansos apapun dirimu, kalian bakal tetep butuh orang untuk berbincang dan berkomunikasi. Bahkan orang yang “mengaku” ansos pada kenyataannya punya teman yang setipe dan mengerti dirinya bukan? Namun bagi gw, bertemu dan berbincang dengan orang lain ketika sedang fokus akan sesuatu adalah hal yang SALAH! Selalu saja ada orang yang mengalihkan perhatian dan mengganggu konsenstrasi gw dengan sekedar bertanya atau mengajak ngobrol. Dan itu sangat mempengaruhi kinerja gw. Maka dari itu demi kemashalatan bersama, gw pun memfokuskan diri pada kesendirian. Memang kadang harus ada pengorbanan yang dipilih, pren.
Yap, persis seperti orang semedi. Semedi memang kadang dikonotasikan sebagai aktivitas dimana pelaku tidak mengadakan kontak dengan manusia dan memfokuskan diri pada ketenangan batin dan suara alam serta kosmos yang bersinergi dengan tubuh (jiaah lebay). Dan dalam semedi, manusia akan menemukan sisi terkuatnya yang selama ini bersembuyi di balik alam bawah sadar dan akan mengerluarkan potensi terbesarnya. 

Mungkin gak salah kalau “fokus”nya gw dianggap semedi sm temen2 gw. Mungkin orang punya gaya dan cara yang berbeda-beda dalam mengeluarkan potensinya. Dan itu harga yang pantas dan rela gw bayar demi mengeluarkan seluruh potensi besar yang ada di dalam diri gw~ 
HEEAAAHH!! Ini contoh2 hasil semedi yang telah gw lakukan:


Comments

Popular Posts