[52] Serigala


bukan, bukan ini maksudnya. sumber : http://bisskey.files.wordpress.com/2014/06/ganteng-ganteng-serigala.jpg
Manusia tidak bisa hidup sendiri. Kita akan hidup bersama lainnya. Dan yang lainnya. Kita perlu teman untuk sekedar berbincang basa-basi agar dianggap bagian dari masyarakat. Kita perlu sobat karib untuk berbagi suka dan duka. Kita perlu rekan sejawat untuk membagi beban hidup yang ada.
Tapi jangan lupa kita tetaplah sebuah individu. Kita adalah diri kita sendiri. Hanya ada saya dan saya di dunia ini. Segala sesuatu keputusan yang kita buat adalah tanggung jawab kita sendiri. Termasuk keinginannya. Termasuk segala mimpinya adalah kita yang menentukan.
Dalam kesendirianlah kita dapat menemukan jalan yang akan kita tempuh. Jawaban yang kita cari selama ini. Diskusi dan argumentasi hanyalah hutan yang membentang di depan kita. Kita sendiri yang akhirnya menemukan, atau lebih tepatnya menentukan jalan keluarnya. Dalam sendiri, kita dapat mendengar suara angin yang di antara daun. Suara gemercik air di aliran sungai. Semuanya terdengar jernih dan halus seperti bentangan sutra.
Tapi tetap saja ada pohon yang tidak dapat kita panggul sendiri. Ada batu yang tak dapat didorong sendiri. Ada tanah yang tak dapat kita gali sendiri. Kita perlu bantuan orang lain.
Bahkan serigala penyendiri sekalipun dapat belajar bekerja sama dalam kelompok berburunya dan serigala dalam kelompok berburu dapat memisahkan diri dan pergi bertahan hidup dalam kesendiriannya.
Seperti serigala, kita harus belajar hidup dalam dua sisi dan hidup kita ditentukan oleh kemampuan beradaptasi, baik dalam bermasyarakat maupun kesendirian…

Comments

Popular Posts