[100] Jauh, Berat, Menanjak


Gw gak tahu sih ngomong apa nih muter2 haha tapi biarlah dipublish supaya kelak jadi artefak untuk anak cucu atau mungkin diarsip oleh Perpustakaan Nasional sebagai jurnal harian seorang Pejuang Nasional Generasi Kreatif Milenial Indonesia Emas Murni 24 karat *ngayal
Jauh
6 tahun yg lalu bersama beberapa teman, si tolol ini pun brkt ke bandung dr jakarta. Perjalanan memakan waktu 2 hari plus masalah selama perjalanan (ban bocor, rantai putus, pantat jadi tepos). Mampir ke Kampus Ganesha untuk jalan-jalan dan yah kayaknya kampus ini memang memanjakan secara visual dan menyenangkan hati walau lebih kecil dr kampus lainnya. Yang gw gak tahu, perjalanan 2 hari itu ternyata cuma awal dari perjalanan hidup gw selama 4,5 tahun di Bandung. Dalam rentang waktu sekian pikiran “Mungkin seru juga kalau bisa kuliah disini” jadi “Kambing congek susah banget nyet kuliah kapan selesainya sih!. *Gak deng gak segitunya
Tapi emang benar melelahkan. Lebih lelah dari gowes 90 km lebih. Jauh jarak mungkin hanya menguras tenaga, tapi jauh disini juga menguras tenaga, waktu, pikiran, batin,… dan kenangan?
Berat
4,5 Tahun gak cukup dengan jauh tapi juga berat. Ibaratnya kayak kita ngayuh sepeda tapi dibelakangnya ada gorilla ikut bonceng (ngapain juga itu gorilla ngikut2?)
Gw pikir hal paling memberatkan semasa adaptasi SMA ke masa kuliah. Selama ini gw mengira kehidupan kampus belajarnya lebih sedikit karena pakai sistem SKS dan ada jam2 yang kosong, beda pas SMA yang kudu di kelas pagi sampai sore. Ah tapi tai lah, ternyata belajarnya dari pagi sampai pagi, plus tugas2 yang harus dikerjain di luar kuliah. Belum sama ospeknya. Sekarang gw mengerti perasaan mas2 wasit yang apes dapet ngawas pertandingan bola dua kali shift (walau lebih beruntung yang kuliah, tetap bersyukur).
Bagi gw pribadi gong-nya adalah Tugas Akhir (tapi serasa tidak pernah berakhir). Sebenarnya asal rajin, kerja keras, dan beruntung, kita bisa lulus dengan gemilang cum laude (nilai bagus dan lulus tepat waktu). Sayangnya, gw kurang beruntung. Karena pas ngerjain TA ada meteor cokelat jatuh ke ladang gandum dan BOOM jadilah koko krunch. Gw terlalu sibuk menyaksikan fenomena unik tersebut hingga lupa tanggal sidang #naon sih #gakdeng
Akhirnya, gw harus ngulang TA selama satu semester atau selama 2947231230232 mikro sekon *ngaco
Agak tau harus ngapain.
Itu yg kepikiran ketika gagal dalam Tugas Akhir dan diharuskan mengulang. Banyak orang mengira gw nunda lulus krn memperpanjang waktu pengerjaan TA dan atau memperbaiki nilai kuliah supaya cum laude (yah gw gak serajin itu jg sih). Walau dr prodi sudah berbaik hati utk menbuat judul yg mirip agar data yg dulu bsa dipakai, kenyataannya gw dan teman2 krng beruntung lainnya hrs mengulang semua. Mengerjakan Tugas Akhir dr awal lg.
Hati kacau melebihi meletus balon hijau, apalagi ortu memperkirakan gw lulus pas 4 tahun. Lebih satu semester tentu mengubah hitung2an mereka.Kampus menjadi tempat yg semakin asing krn mulai ditinggalkan oleh rekan2 sejawat hehe. Teman seperjuangan TA yg jauh lebih sedikit karena mayoritas lulus tepat 4 tahun.
Kayaknya di kampus gw lbh banyak gagalnya ketimbang berhasilnya. Gw harus ngutang utk acara yg gw ketuain sendiri, kaos gw gak laku, gw gagal pertukaran pelajar. Yg gw dpt (selain pengalaman dan pelajaran) yah banyak numpuk sertifikat lomba tp keterengannya peserta semua haha. Mungkin ini udah diceritain berkali2 ya ah tp biar lengkap ya (ngomong sendiri). Sampai wisuda, gw hanyalah lulusan biasa, gak ada yg spesial pakai telor.
Di umur gw saat ini dimana gw baru mulai bekerja, bos gw di umur yang sama sudah merintis perusahaan dimana gw bekerja. Teman satu almamater gw yang berumur dua tahun di bawah gw sekarang sudah menjabat setingkat manajer di perusahaan digital multinasional.
Kalau kata temen gw “Agak merasa terintimidasi ya ngeliat orang yang lebih muda tapi udah jauh lebih sukses. Tidak bermaksud menyalahkan tapi kagum aja”.
Berat untuk mengakui bahwa diri ini sudah berhasil dengan diwisuda. Daripada senang, jujur gw lebih merasa ke sedih dan beban ya masih belum bisa membalas budi orang tua pake prestasi. Tapi kalau dipikir2 lagi lantas mau menyerah dan pasrah saja?
Gw kadang suka gak paham sama orang yang gagal, sedih, trus menghibur diri dengan kegagalan adalah sukses yang tertunda. Wajar orang ingin sukses, tapi gak mungkin orang bisa senang sukses trus2an. Kalau saatnya memang harus gagal dan sedih, ya telan aja sih. Rasain sakitnya. Bawa lari maju ke depan sambil nangis juga gapapa. Kita memang perlu gagal supaya tahu beda nya dengan sukses. Supaya punya empati sm yang gagal. Kalau memang bakat dan keberuntungan tidak menghampiri, pada akhirnya kita cuman bisa lari maju ke depan walau berat.
Menanjak
Detik ini, gw sedang sibuk2nya bekerja di perusahaan IT yang bergerak di bidang pendidikan. Perusahaan generasi millenial banget yang kebanyakan job desc dan pekerjaanya belum ada semasa orang tua kita bekerja.
Meski gw sudah bekerja sebelum diwisuda, gw msk ke perusahaan generasi millenial yg yah bkn idaman generasi orangtua bgt (gaji pokok, fasilitas lengkap, tunjangan ini itu dsb), asa2nya orangtua msih berharap lebih agar anaknya bisa masuk perusahaan multinasional di perminyakan, Bank, atau PNS (dan itu gak salah, sama sekali gak salah).
Ternyata gw gak sendiri. Masalah itu jg muncul di antara teman atau senior yg cerita ke gw, mereka mengambil di luar jalan hidup damai sejahtera harapan orang tua. Ada yg ortunya pengen anaknya jd pns, malah jd videographer. Ada yg pengen kerja di HR tp pengennya jd guru.
Sebagian yg lain bsa menjawab harapan ortunya dengan hidup nyaman berkecukupan layaknya pegawai kantoran bahkan sudah pny rumah sendiri. Sebagian yg lain masih sibuk mencari jalannya sampai bsa menyenangkan hati orang tua.
Termasuk gw. Sungguh sampai detik ini, hal tersebut masih mengganggu gw.
Masing2 orang punya puncak yg ingin dicapai dengan kesulitannya masing2. Dan Gw telah memilih gunung paling tinggi dengan angin paling kencang sebagai pilihan hidup. Entah dengan berlari atau guling2 di tanah, hanya bsa terus maju ke depan dan naik ke atas, harus sampai di puncaknya. Mungkin akan memakan waktu yg sangat laamaa bsa puluhan tahun dan terus menanjak, semakin berat, perjalanan utk menjawab harapan orang tua sambil tetap melaksankan rencana hidup pribadi. Gw gak tahu bisa berhasil apa nggak. Hanya merasa patut dicoba; karena lebih baik mati jadi pejuang ketimbang hidup jadi pecundang…
ye gak?
—- —- —- —- —- —- —- —- —- —- —- —-
Ditulis sepulang kerja. Ya, di post yg ke seratus ini status gw sudah berubah dari mahasiswa menjadi pegawai swasta. Hehe. Hidup lembur, hidup gaji bulanan, hidup bayar pajak! Orang bijak bayar pajak, orang bejat nyuri pajak! Merdeka! *apasih

Comments

Popular Posts