[30.2] Dari Depok ke Neraka : HELLofest 9 Part 2

melanjutkan petualangan absurd gw bersama delegasi gerbek..

jadi Rofid, Imad, dan gw pun melangkah masuk ke tempat yang biasa aja, yaitu Kolam Renang Senayan tempat dimana kudanil berenang. Tapi yang membedakan kali ini tempat tersebut disulap oleh Pak Tarno menjadi sebuah tempat dimana mahluk2 aneh berkumpul (baca: kostumasa) atau biasanya sih lebih umum dikenal sebagai cosplayer. Apaan tuh cosplayer? gadget baru bukan? untuk yang gak tau cosplayer bisa klik disini. Mereka memakai kostum yang mirip dengan tokoh animasi, game, dan komik. Sampai2 dimana2 gw ngeliat naruto pake jurus bajakan eh jurus seribu bayangan. Mereka memakai makeup dan aksesoris yang dibuat dengan tangan sendiri (atau tangan orang lain atau beli,terserahlah) dengan semangat totalitas yang tinggi. Tidak hanya sekedar memakai kostum alakadarnya, tapi juga memerankan gerak-geriknya secara nyata pula. cadas lah bro. Bahkan ada yang bela2in sampe bikin sayap yang gedenya semeter lebih, itu sayap apa pagar bambu?

kostumasa juga manusia

nb : klik untuk perbesar gambar

karena kite2 dateng hari Minggu maka acara yang bisa didatangi adalah sebagai berikut

dicomot dari hellofest.com

Kolam renang Senayan tersendiri terbagi menjadi beberapa bagian. Dari pintu masuk ada stand teater yang paling besar diantara tenda yang lainnya. Disini biasa diadakan pertunjukan atau pemutaran film animasi. Kapasitasnya bisa memuat sekitar 5.532.342 orang lah *ngasal*. Disini para penonton bisa duduk lesehan ataupun berdiri untuk menonton pertunjukan yang dilengkapi dengan layar besar, jadi penonton yang di belakang masih bisa liat seperti apa pertunjukan di panggung depan. Lalu ada tenda stand2 dimana para komunitas, perkumpulan, ataupun studio membuka lapaknya, tujuannya bermacam2 mulai dari unjuk gigi ke khalayak publik, jualan merchandise, hingga bener2 murni jualan. Tenda2 ini dinamakan Polar dan ada 3 Polar di sekitar area kolam renang yang menandakan bahwa banyak sekali lapak2 yang dibuka untuk dilihat pengujung.


Salah satu yang paling menonjol menurut gw adalah lapak animator lokal. Animator lokal mulai dari yang baru aja unjuk gigi hingga yang udah mulai punya namapun saling menunjukan animasi buatannya di layar lcd masing2 lapak. Sebut aja Monso Studio yang udah mulai terkenal dengan animasi Altitude Alto dan ambil bagian dalam pemberian animasi di Jalan-Jalan Men nya malasbanget.com, lalu ada Si Juki yang mulai membuka sayap juga di bidang animasi dengan mengambil setting Si Juki di tahun 90'an (tahunnya si Doel nih), trus ada MD Animation, yang unjuk gigi menampilkan beberapa karya yang siap tayang tahun depan katanya (dan katanya siap menerima tenaga magang dari mahasiswa, sok mangga) hingga ke animasi dua dimensi , Battle of Surabaya buatan MSV Pictures bersama STIMIK AMIKOM Yogyakarta yang grafisnya gak kalah kece dengan animasi luar. Melihat potensi animator lokal yang begitu gemilang, jadi optimis gw rasanya industri animasi ke depan, tunggu tinggal waktu dan animo masyarakat serta pemerintah untuk lebih ngedukung animasi lokal.


Lapak jualannya gak kurang gokil dari lapak animatornya. Banyak pernak pernik unik yang dijual kayak buku scrapbook, komik2 dan merchandise buatan studio dan komunitas lokal, boneka buatan tangan yang iimyuut *hoek* , hingga action figure yang gagah serta harganya gak kalah mahal dengan giwang emas di pasar blok M huehehehe. Para pedagangnya juga bersahabat, mereka mau diajak ngobrol soal barang dagangannya serta macam2nya, tapi rada males klo barangnya ditawar harga *yaiyalah. Di belakang kolam renang ada pula stand makanan, tapi jgn mikir makanan Jepang aja yang dijual, makanan lain pun ada semacam mie ayam atau somay Bandung, tak lupa ada indomaret dan stand Nu GreenTea dan Green Sands yang tersebar di berbagai penjuru (kec Indomaret, dia satu bis gede aja).

oh ya lupa bilang di Hellofest 9 ini seperti tahun2 sebelumnya juga ada lomba video 8 detik, dimana kyk semacem video yang durasinya cuma 8 detik (nenek kayang juga tau!). Tentu gak mudah sob bikin video hanya dengan durasi 8 detik tapi mampu membuat penontonnya ngerti ceritanya. Rata2 videonya terdiri dari set-up dan punchline. Gw kurang ngerti sistem votenya klo di internet gmn (apa emang gak ada? kurang tau juga) tapi yang pasti di ada standnya sendiri di Hellofest, jadi pengunjung bisa ikutan voting di tempat hanya dengan email (hanya dengan email bro, gak punya email? PAKE KODE POS AJA BRO!*ngaco)


Dan karena kehadiran kostumasa yang TOTAL dan SYAHDU, mereka tak jarang jadi sasaran jepretan kamera dan tentunya orang2 yang berasa ingin berfoto bersama tokoh kartun atau komik favoritnya. Gak jarang pula ada tokoh yang kebagiamn antrian panjang karena orang2 saking pengennya foto bareng mereka. Tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi para kostumasa dapat menghibur dan diapresiasi oleh masyarakat pengunjung. Jujur aja buat gw rada gak nyaman karena gw bukan orang yang terlalu suka cosplay jadi rada aneh klo ngeliat para kostumasa ini me-makeup muka mereka dengan bedak tebal atau mencat rambut mereka. Bagi gw kesannya dibuat2, gw sih mo nya yang natural gtu makbrot! ("Yang namanya cosplay mah emang dandan gtu kali, fuck!" nasihat geblek Rofid). Beda dengan gw, si Rakel aka Rofid aka pencipta keonaran berfoto dengan semua kostumasa yang ada disana sehingga membuat telunjuk gw gak bisa ngupil lagi karena kram kebanyak jepret kamera. Bikin bencih akyu!


ini masih blom apa2 bro, klo mau liat yang lebih bikin muntah bisa cek hasil jepretan gw di sini JEPRETAN HELLOFEST 2013 . Para kostumasa ini bener2 kewalahan juga menanggapi permintaan pengunjung, setiap mereka mo isitirahat atau mo pindah tempat, eh ada aja yg minta poto. Pas mo beli minum eh ditodong minta poto. Tapi walau gtu mereka tetep senyum dan menanggapinya dengan asik. Jempol deh!. Tapi mereka juga suka marah2, klo disambit pake batu...


Walau disana banyak stand penjual minuman dan banyak taman di sekitarnya yang dapat digunakan sebagai tempat istirahat, tapi tetep aja berjubel dengan banyak pengunjung kyk ikan sarden bikin kepanasan juga bro. Hampir gw mo mandi di tempat cuman lupa bawa gayung *lah. Karena itu sosok ini ditempatkan didalam tenda2 demi kenyamanan pengunjung, yaitu AC! ya AC singkatan dari Aku bisa bikin kamu Cool*ngaco* menjadi point of interest para pengunjung juga. Gak jarang pengunjung rame2 nongkrong di AC ini bahkan sampe ada yang meluk2 penuh mesra gtu*gakdeng. Gw rada setuju tempat kali ini menggunakan Kolam Renang Senayan sebagai tempat eksekusi eventnnya, karena selain jarang digunakan untuk acara sehingga mungkin lebih murah biaya sewanya, tapi juga ada faktor outdoor juga sehingga banyak tempat yang bisa dijadikan area istirahat atau tempat mempersiapkan kostum bagi para kostumasa. Gak seperti tahun2 kemarin yang diadakan di Indoor sehingga mungkin ruang geraknay lebih terbatas walau kelebihannya adalah adanya pendingin ruangan. (Sumpah Hellofest kemarin bikin kegerahan dan merangsang birahi gtu *lah*). Lalu  juga dengan kreatifnya Hellofest mengadakan nonton bareng animasinya di KOLAM RENANG PADA MALAM HARI. Cuman karena hari Sabtu acaranya dan gw gak dateng, gw gak bisa jelasin lebih detil *huhuhu*


Ternyata keberangkatan gw sm Rofid turut diwarnai dengan pertemuan sejumlah teman dan kerabat yang turut serta meramaikan Hellofest 9 ini. Sebut saja mulai dari Siamang, Orangutan, Gorilla, laaaah kenapa kerabatnya si rofid smua yang gw sebut. Ya gw ketemu temen yang ternyata buka lapak disana, sebut saja Mawar, buka lapak narkoba kayak Fira Cs yang bikin lapak jualan hasil gambar mereka dalam bentuk postcard dan pin (yg sayangnya gw kira bakal dibikin komik ternyata ngga, terus ketemu Mbak Nana yang ikutan kostumasa jadi Hobbit dan epic keren banget sampe di RTin sm akun twitter sekaliber WarnerBrosID atau akun officialnyafilm TheHobbit (buat yang gak tau, Hobbit adalah semacam mahluk seukuran Abang Ucok Baba dan gemar lari sprint gak pake sepatu), lalu ade juga si Duo Dea (gw bingung manggilnya ape bos) yang ikutan lomba kostumasa dengan menjadi.... okeh gw nyerah gak tau nama tokohnya tp bajunya keren gtu *sotoy.


Kemarin petualangan di Hellofest juga diwarnai dengan nonton lomba kabaret yang kreatif dan ciamik. Lalu juga ada beberapa orang dalam jumlah banyak yang bkin grafiti di papan yang udah disediakan panitia. Walau gw agak kecewa karena datengnya tidak hari Sabtunya dmn banyak animasi yang diputar dan ditayangkan.  Tapi dengan begitu banyak uang yang bisa gw tabung bwt hal lainnya karena banyak yang gak gw beli *senyum najong*

Tapi sayangnya gw bakal nyumpahin Hellofest gak bakal jadi event sekaliber Internasional atau kaliber Galaksi sekalian karena eh karena ini hanya akan bikin jelek nama hellofest dan negara Indonesia sendiri. Timbul pertanyaan? ini dia


yah event hellofest kemaren bertepatan dengan pameran arsip sampah nasional. Ya disana dipamerkan ribuan sampah yang dibuang pengunjung dan ditata sedemikian rupa agar setiap lima detik nengok kalian akan melihat sampah dimana2. gw amat sangat menyayangkan sekali melihat event yang udah megadahsyat pecah kerennya ternodai hanya karena kedispilinan kita dalam membuang sampah. Harusnya hal seperti ini udah sedari dulu kita antisipasi, minimal dengan menyimpan sampah yang kita punya. Jangan hanya menuduh panitia yang kurang aktif dalam menyiapkan tong sampah (ya menurut saya agak kurang banyak tempat sampah yang disediakan) tapi juga buth kesadaran dari diri kita sendiri agar tidak buang sampah sembarangan. Bukan alasan karena acara outdoor kita jadi buang sampah seenaknya, sungguh tidak sedap jika sampai diliput media luar. Padahal gw yakin banget ini acara berpotensi untuk membumikan popculture di bumi Nusantara ini. oke fren?

Hellofest kemarin meyakinkan gw bahwa industri kreatif kita masih dalam bertumbuhan yang sangar, haus akan perhatian dan kasih sayang sehingga butuh kekuatan dari berbagai sektor untuk ikut serta menumbuhkembangkan serta mendewasakannya. Gw jadi punya harapan optimis soal industri ini dan gw harap makin banyak lapangan kerja yang dibuka karena industri seperti ini punya akses yang begitu besar di sektor ekonomi kalau diarahkan dan dituntun dengan baik. Gak percaya? Liat Jepang dan Amerika, atau Korea lah yang lagi baru berkembang juga. Dan yang paling penting, masyarakat semakin menerima hadirnya dunia "yang seperti ini", dunia yang dulu asing bagi masyarakat kita, dunia yang hanya dianggap permainan tak penting namun ternyata menyimpan potensi  yang begitu besar nan mendalam #suaradeburanombak. mengutip kata dari senior gw di unit~

diedit sambil giting *barusadar

Sekian dari gw, semoga bagi kalian2 yang gak sempat kesana bisa jadi ada gambaran dan akhirnya tertarik untuk dateng tahun depan atau ke event yang serupa, ikut serta mendukungnya. koreksi aja jikalau gw udah salah kata atau mo cross check info dan kejadian, trims. Cabut yaw!

Bonus
bukannya gw gak mau poto sm kostumasa, gw mau sih asal sama yang CANTIQUE! *kabur

Comments

Popular Posts