[22] MARKINGKOT! (Mari Kita Ngangkot!)

Bandung tanggal 20 September (semoga) menjadi hari bersejarah di kota Lautan Api ini. Kenapa eh kenapa?

Karena pada hari ini adalah awal mula dimana diberlakukannya ...........
#AngkotDay !!!!!!! *Dungtekdungdungtek



Siapakah yang mencetuskan ide yang keren nan bijaksana ini? Tidak lain tidak bukan adalah RisetIndie. Untuk lebih lengkapnya silahkan klik dimari http://angkotday.info/

Perjalanan nan indah namun berbahaya ini saya mulai pada pukul 7.15 pagi Indonesia bagian giting, sendirian.... #foreveralone (karena temen2 pada ada jadwal kuliah pagi dan pada telat nanggepin ajakan saya di grup fb)



Bagaimana proses berjalannya program ini sih? Jadi sebenarnya gak semua angkot di Bandung itu digratisin tapi hanya untuk trayek Kalapa-Dago saja yang digratiskan mulai dari jam 7 pagi hingga jam 7 malam. Selain itu untuk hari ini, angkot2 tersebut sudah didaulat untuk TIDAK NGETEM, TIDAK NGASAL, dan TIDAK ngUGAL-UGALAN! dah tuh 3N hehe. Nah si angkot ini juga kalau berhenti tidak asal mane berhenti saja di tengah jalan, tapi minggir dulu ke trotoar trus ngeremnya pelan2 jadi lebih nyaman dan aman.

tumben2an si abang supir jadi baik hati... 

Karena tidak ngetem pula, maka perjalanan yang memakan waktu berjam2 karena si abang nunggu penumpang penuh dulu menjadi lebih cepat sampai di tempat tujuan. Tadi pagi saya mencoba dari Simpang Dago ke Pondok Kalapa, yang biasanya sejam lebihan baru sampe ya pada hari ini cuma memakan waktu 40 menitan kurang lah. Lalu angkot ini baru akan berhenti jika ada penumpang yang ingin naik atau turun, pokoknya mah ya cepet pisan sampe tujuan!

Nah dalam rangka riset ini pula, di tiap angkot ditempatkan para sukarelawan yang menggenakan slayer warna jingga dengan logo #angkotday. Nah para sukarelawan ini akan memberitahukan bahwa pada hari itu angkot akan digratiskan. Selain itu juga akan dibagikan kuisioner untuk diisi agar dapat menjadi bahan riset di kemudian hari.

si teteh sukarelawan
Nah saya ajakin ngobrol tuh tetehnya walau dia gak ngasih saya kuisioner pada awalnya. Ternyata dia ngira bahwa saya tim dokumentasi #buuuu (mungkin gara2 saya megang kamera poket padahal bercelana pendek + kaos oblong + rambut acak2an = orang giting). Ternyata dia alumni di kampus saya! Lulusan Geodesi 2009 dan dia ngasih tau siapapun bisa jadi sukarelawan dengan mengisi apaaa gitu di internet #menyesaltidakikutdaftar. Katanya si teteh memang tidak semua angkot tidak diisi oleh panitianya. Lalu sistemnya sih setelah sampai di akhir trayek maka dia akan pindah lagi ke angkot yang lain untuk menyebarkan kuisioner mengenai Angkot yang sekarang dinaiki. Saya sempet ngintip hasil kuisionernya dan rata2 sih responnya positif (alhamdullilah). Tapi sayangnya sih masih banyak orang yang tidak tahu kegiatan angkotday hari ini. Mereka tidak tahu bahwa pada hari ini angkot digratiskan. Makanya banyak yang refleks abis turun dari angkot buru2 bayar ke sopirnya dan hal ini segera membuat para sukarelawan mengingatkan para penumpang angkot akan kegiatan angkotday.



Benar2 ngikutin aturan lalu lintas
Lalu saya juga ajak ngobrol si bapak supirnya. Dia sudah bersiap2 dari jam 4 subuh untuk ngumpul di terminal Dago. Disana ternyata ada pengarah dan pemberian stiker (saya kurang tau stiker apa karena si bang bos tidak memberikan detil yang jelas). Karena berangkat subuh2, ia pun meminta istri tercinta untuk menemaninya nyupir hari itu #ciedah. Biar ada temen ngobrol katanya~

Sang istri idaman suami

sampai dengan selamat
Setelah sampai dengan selamat, saya pun kembali pulang ke kostan dengan menaiki angkot Kalapa-Dago kembali.

Memang dengan meningkatkan kenyamanan dan keamanan transportasi umum, masyarakat dapat mengurungkan niatnya untuk memiliki kendaraan pribadi yang notabene kelak akan semakin menambah macet jalanan di kota. Saya harap dengan adanya langkah awal seperti ini, memiliki transportasi umum yang cihuy sudah bukan angan-angan yang tak dapat diraih lagi. Penggunaan kendaraan pribadi akan berkurang, lalu lintas lancar, dan roda ekonomi pun akan bergerak dengan baik. 

Terima kasih untuk risetIndie yang sudah berusaha menjalankan kegiatan ini dengan baik. Semoga membuahkan hasil yang menggembirakan nan menyenangkan. 

#nb : buat yang belum naik, ayo buruan sebelum jam 7 malam!
dan ternyata pak walikota tecinta, Kang Emil ikutan nyupir untuk hari ini juga!
http://news.detik.com/read/2013/09/20/094816/2364267/486/ridwan-kamil-kemudikan-angkot-dago-kalapa-satu-rit?9922022



Comments

Popular Posts